Rabu, 06 Agustus 2008

MAKATANA BLUES

Buat : Christ Sondey

Qta babale ka gunung, Coy

Lantaran Manado solebe fugado

Punung deng abu sisa reklamasi

For beking mallmall sapanjang bolevard

Qta babale ka gunung, Coy

Lantaran kampus solebe sumpek

Fol orangorang bataiminya

Nintau SPP nae trus tiap taong

Qta babale ka gunung, Coy

Lantaran di sini solebe tabiar

Sudarasudara pigi blayar satusatu

Nda sadar tana mulai takere sadikisadiki

VAGABON SONG

Bau ngeru pa ta pe jeket

Adalah bau jalanan

Bau dari sekian pengembaraan

Mocari jati diri

Bau ngeru pa ta pe jeket

Bau debu petualangan

Bau suar pangelana

Bau ngeru pa ta pe jeket

Bau satu pribadi

KEPADA KAWAN

Tulis. Tulis. Kong Tulis lagi

Torang partahankan ingatan malawang palupaan

HAIKU MASTURBASI

Bau mani yang mangantal di jamari

Malakatkan sekilas kahangatan birahi

Mar sisanya manggumpal menggelumiti nurani

PANTE MANADO BLUES

Qta so nda dapa lia pante

Pas dudu di sini

Di bangku panjang kantin Manus

Qta so nda dapa lia pante

Pas dudu di sini

Gedunggedung batingkattingkat

Tareterete jadi pampele

Qta so nda dapa lia pante

Pas dudu di sini

Qta cuma lia

Manado baroba jadi pusat parblanjaan

So itu kote pamerenta tambung tu bibir pante

HAIKU MABO

Awan bararak

Bulan manyinar trang

Bintang sempoyongan di palupuk mata

SUMONDER FUCKING BLUES

Tahuk soresore di kantin sastra

Dengar Rolling Stone,

“I got the blues”

Dari Ebit pe radio

Qta minung kopi tumbu

Om Manus ada beking

“bukang maen ini kopi !”

Qta bilang pa Coy

“Pantas kopi dari Manado

Jadi kopi paling mahal

Di pasar Eropa

Nyanda heran kote

Pamerenta blanda dulu

Paksa orang Minahasa

Batanang kopi

Ada 80 sampe 120 hari pertaong

Torang pe oma deng opa dulu

Musti kase waktu

Urus kopi di kobong

Depe laste

Kopi yang dorang tanang susasusa itu

Dorang musti jual pa pamerenta blanda deng harga murah

Kopi yang dorang tanang susasusa itu

Dorang nimbole minung sandiri

Dorang tu nimau jual tu kopi

Dapa hongi deng anjing

Dapa pukul deng cambok

Tahuk soresore di kantin sastra

Gudang garam surya di bibir

Tinggal saujung kuku

Abu roko yang tatarbang

Angin paka kagekage

Kase inga abu pohong cingke

Orang Sonder ada potong

Di kobong Lengkoan, tetebesi,tundak,mapaso,

Lopa in tana, kokoken, pulutan, talun, mawale,

Lalek deng lopa in kopi

Orang Sonder ada potong

For beking kayu api

Pohongpohong cingke

Dorang beking kayu api

Lantaran pamerenta Repoblik Indonesia

Mulai dari Soeharto sampe SBY

Beking cingke nyanda ada harga sama skali

“Cuma jaman Gusdur katu”, dorang bilang

“Harga cingke bole tanae

Riki bole tiki saratus ribu lebe perkilo”

Co ngoni bayangkan

Orang gunung turung Manado

Bawa satu datsun cingke kring

Babale kamari so deng doi satu karong

Kong tu datsun fol deng barang blanjaan

Dari kulkas sampe handpon

Tahuk soresore di kantin sastra

Kopi tinggal tasisa ampas

Roko di jare tinggal tasisa puntung

Dari Ebit pe radio

Mick Jagger manyanyi

Bob Dylan pe puisi

“how does it feel

How does it feel

To be on your own

With no direction home

Like a complete unknown

Like a rolling stone?”

Qta buang tu puntung

Dari sela jarejare

Kong ambe tas abis bayar kopi

“Pulang Fred”, Ie’ tanya

“Qta mo ka puncak Temboan Rurukan

Qta, Weol, Sondey, Oroh deng Kalalo

Qta mo lia sanrais sambil babaca puisi !”

GRANDPURI HOTEL BLUES 2005

Buat : Nang

Di lobi hotel ini

Torang bakudapa ulang

Ngana masih semenarik dulu

Punya senyum yang salalu saja

Kase sisa salintas partanyaan dalang hati

Di lobi hotel ini

Torang bakudapa ulang

Sejenak bakubage cirita

Tentang sebagean masa lalu

Yang ternyata cukup inda dikenang

Di lobi hotel ini

Torang bakudapa ulang

Bakuhaga

Dari batas kamasingmasingan

So nyanda ada kata

Hanya ada cila kini manggantung di kalopak mata mu

BLUE COMPLEX SCHIZOPRENIAC BLUES

Bauni Asia Carera

Bakucuki di atas meja kantor

Pa Sebax pe komputer

Beking qta bapikir

Kalu tonteng deng bombeng

Bole jadi komoditi

Apalagi yang tasisa

Dari privasi satu pribadi ?

So nyanda ada, sayang !

Ngoni bayangkan jo

Orang bakasta di Amrik

Torang dapa haga di sini

Waseng Alfen sampe tatoki

Di kadera pe tampa pegang

Saking tagang greenhill suru basorong

Tommy bontet yang pura-pura tasono

Di lante Himaju Sastra Indonesia taong 2000

Tatawa tangisi-ngisi

Eskol soso di panta

inga pa Ido waktu viadolorosa

Bencong kore di lubang poloi

Azis yang kage tasopu dari ruang BKK bilang

Tuangampung baru klar sombayang kwa

Lantas pigi deng base’but

Cuma Ie’Ladore

Tu nyanda pusing

Baloco brapa aer

Di muka pintu studio Teater Kronis

Pemai lei ini lakilaki

Qta bilang pa Kuts

Bawolod pake gaya kodo !

PARODI KONTRA HEGEMONI

Gue sih,

Kagak ape-ape

Lu tre no

CAP TIKUS BLUES

Cap tikus

Satu sloki tong minum

Bersi darah

Cap tikus

Satu grem tong minum

Tamba darah

Cap tikus

Satu glas tong minum

Nae darah

Cap tikus

Satu botol tong minum

Tumpa darah

Cap tikus

Satu gelon tong minum

Abis darah

Adoh, Tukang batifar lei tu dapa toreba !

BLUES CAPATU BOTS

Capatu bots merek cheetah

Qta pake tiap hari

Depe warna skarang kusam kacoklatan

Capatu bots merek cheetah

Waktu mandi di kuala

Bole jadi palopalo for basirang

Capatu bots merek cheetah

Waktu bagate deng tamangtamang

Bole jadi asbak for abu roko

Capatu bots merek cheetah

Waktu pentas teater di jalang

Bole jadi properti for seting panggung

Capatu bots merek cheetah

Qta dapa dari Elsye

Lisa pe mama yang dulu karja di parusahaan asing

MANIFESTO MAKAWALE

SASTRA LAHIR LANTARAN ADA BAHASA

BAHASA MATI KARNA NDA ADA SASTRA

DEMIKIAN SABDA MESSIAH

I


Aku tidak mengajar kepatuhan

Seperti para guru di masa lampau

Apalagi akan membiarkan kalian hidup

Mengangkat hidung dengan jubah perhambaan

Layak seekor cecunguk di belakang tuannya

Aku justru menginginkan pemberontakan

Dari setiap jiwa yang mengharapkan kebebasan

Sebab apabila kalian tetap bersitegar

Meyakini penderitaan sebagai suratan sang kuasa

Serta percaya kesengsaraan adalah takdir insani

Maka aku akan memburumu dengan kutukan

Dan celakalah kalian keturunan penelut

Wahai putra-putri pingitan ibu pertiwi

Kalian yang menutup mata terhadap kebenaran

Kepadamu akan dibawakan selalu beban kesusahan !



II


Aku melihat penindasan

Merajalela di atas tanah air ini

Subsidi bagi rakyat dicabut pemerintah

Bahan Bakar Minyak Mahal

Masih pula dihilangkan dari pasaran

Listrik di pedesaan digilir terus-menerus

Untuk konsumsi sepihak pabrik-pabrik asing di perkotaan

Dan aku pun mendengar ratapan kelu

Anak negeri keturunan rakyat pekerja

Tentang mahalnya biaya pendidikan

Serta gerutu ibiu-ibu rumah tangga

Mengenai harga bahan pokok yang makin membumbung

Juga sumpah serapa kaum bapa

Kehilangan lahan pekerjaannya

Jadi aku berseru kepadamu

Wahai sekalian kaum tertindas

Engkau yang senantiasa diperah penguasa

Bangkitlah melawan penindasan

Ini masa menuntut kita untuk percaya

Satu-satunya kebenaran adalah berontak melawan

Rakyat bersatu hancurkan pemerintahan para tiran !





III

Bangkitlah wahai kaum kelaparan

Kalian yang terkubur dalam lembah kemelaratan

Dengarkan panggilan anak-cucumu

Bangkitlah melawan penindasan penguasa

Ini masa menuntut kita bergegas

Dan bukan cuma orang bernyawa mesti berpacu

Kini bahkan bangkaipun ikut terburu

Kalau tidak akan terus tergilas pusaran pitam

Sebab ku berkata kepadamu

Sesungguhnya setiap anak negeri ini

Berhak atas penghidupan yang layak

Tidak hanya segelintir orang berkuasa saja



IV

Pemerintahan sekarang

Bukan pemerintahan rakyat

Buruh

Miskin kelaparan

Gajinya dirampok tanpa kasihan

Pemerintahan sekarang

Bukan pemerintahan rakyat

Petani

Miskin terlunta

Tanahnya dirampas tanpa iba

Pemerintahan sekarang

Bukan pemerintahan rakyat

Pedagang

Miskin digusur

Jualannya dijarah tanpa ampun

Pemerintahan sekarang

Bukan pemerintahan rakyat

Kaum tertindas mesti melawan

Angkat senjata menentang tirani

Sebab diam membisu berarti mati

Siapa bertelinga hendaklah mendengar





V

Di negeri ini

Tanah air adalah saksi

Di balik liatan tanahnya

Tersembunyi jutaan bangkai tak bernama

Korban kekerasan militer

Di negeri ini

Tanah air adalah saksi

Di atas permukaan airnya

Berlayar kapal-kapal sisa perang dahulu

Mengangkut orang-orang

dari persimpangan kiri jalan ke pembuangan

Di negeri ini

Tanah air adalah saksi

Pembantaian para demonstran

Oleh para penguasa negeri ini

Sebagai tumbal bagi tampuk kekuasaannya

Di negeri ini

Tanah air adalah saksi

Aku tulis sajak ini

Untukmu wahai saudaraku

Kita yang berdiri bersebrangan dengan para tiran

Ayo, bersatu hancurkan kekuasaannya !

ATAS NAMA KEMERDEKAAN

Tidak ada pilihan lagi

Kita mesti menentukan sikap

Tegak berdiri di sini mengepal tinju daripada

Berlutut rendah di sana menjilat tumit sepatu

Cukup sudah kita diperhamba

Sekarang saat membuat putusan

Angkat sanjata lawang panguasa

Campakkan belenggu rantai perbudakan

Siapa bermata hendaknya melihat

Tahta keagungan kaum panguasa

Sepanjang sejarah peradapan manusia

Dibangun atas derita rakyat jalata

DIMANA LETAK SORGA ITU

Spanduk bertulis,” Pra Kongres II Kongres Nasional Pembangunan Manusia

Indonesia 2006 Manado, 16-17 Mei 2006 “ terbentang di atas gedung hotel

Ritzy. Warnanya putih seperti buih ombak yang mendampar dari seberang

boulevard.

Aku bergegas melewati deretan orang yang sedang duduk di samping pintu

ke lobi. Para petugas keamanan tampak memasang muka yang bisa membuat

anak kecil mengkeret ketakutan. Maklum banyak pejabat yang mesti

dilindungi.

“Dilindungi ? Ah, sinisnya itu kata !”, ujar Greenhill Weol padaku.

Lobi hotel ini kelihatan lebih ramai dari biasanya. Ada pegawai

pemerenta, tokoh agama dan masyarakat, aktivis LSM, akademisi serta para

jurnalis dari berbagai media massa.

Para pemain kolintang pun dapa lia lebe smangat membawakan lagu-lagu

pop Manado.

Dalam lift yang sedang bertolak ke Grandball Room di lantai VI, aku

dicekam selintas pertanyaan,”Pembangunan manusia indonesia ? Manusia

macam apa manusia Indonesia itu ? “

Mochtar Lubis dalam “Manusia Indonesia : Sebuah Pertanggungjawaban”

menulis,” Manusia ideal Indonesia, yang sering dikemukakan kini adalah

manusia pancasila, yaitu manusia Indonesia (menurut ahli-ahli pemikirnya)

yang menghayati dan membuat dasar dan pedoman hidupnya dasar tingkah

laku dan budi pekertinya berdasar pada lima sila pancasila : Ketuhanan,

Kemanusiaan, Keadilan Sosial, Kerakyatan, Persatuan Nasional.”

“Saya berdoa sekuat tenaga”, lanjutnya,”Semoga kita akan berhasil

membina manusia pancasila menjelang tahun 2000. Jika ini tercapai maka

Indonesia pasti akan jadi sorga, dan kita semua akan hidup penuh nikmat dan

bahagia.”

Tapi sorga seperti diidamkan Mochtar Lubis ini ternyata tak pernah

terwujud.

Pada tahun 1958, tentara-tentara bayaran dari Jakarta membom Manado

untuk menumpas PERMESTA di Minahasa. Tahun 1975, tentara-tentara bayaran

dari Jakarta menyerbu Timor Timur untuk membendung subversi komunis.

1989, tentara-tentara bayaran dari Jakarta menteror Aceh untuk

mengganyang GAM (Gerakan Aceh Merdeka).

Ini semua atas nama “Bangsa Indonesia”.

“Bangsa Indonesia ?”

Pramoedya Ananta Toer mengatakan dalam wawancara tentang Sejarah,

Politik,

Kebudayaan, dan Delapan Ekor Ayam, “ bahwa “bangsa Indonesia” itu tidak

ada. Yang ada itu nasion Indonesia. Ini untuk menyelamatkan ide

Indonesia sebagai suatu kesatuan. Sekarang ini misalnya bangsa Aceh dianggap

tidak ada. Yang dianggap ada adalah “sukubangsa” Aceh. Ini merupakan

awal dari kekeliruan itu. Jawa itu bangsa. Bugis itu bangsa.

Masing-masing punya sistem nilai sendiri. Tapi perkembangan berikut menjadikan

pengertian atas soal ini kacau balau. Bangsa Indonesia itu tidak ada. Yang

ada nasion Indonesia. Jadi mari kita kembalikan hal itu, dengan

mengakui kembali adanya bangsa-bangsa Nusantara. Mereka mempunyai sistem

nilainya sendiri-sendiri, bahasa sendiri-sendiri, bahkan tulisan-tulisan

sendiri.”

“Apa artinya nasion itu ?”

“Persekutuan bangsa-bangsa. Bukan bangsa. Menjadikan bangsa sebagai

sukubangsa itu merupakan suatu penindasan.”

Bel tanda lift berhenti menghentakku dari cekaman. Aku keluar.

Hembusan angin dari laut perlahan mendinginkan kepalaku.

Banyak orang disini. Ada yang diam merokok. Ada yang bercakap-cakap

satu sama lain. Ada pula yang kesana-kemari persis strika.

Konter-konter yang menjual sovenir seperti jam, cincin dan bolpoin

bertulis “Pra kongres II kongres nasional manusia Indonesia” serta

konter-konter yang menjual baju safari dan buku-buku peraturan pemerintah

juga tidak ketinggalan.

Seorang lelaki separuh baya berbaju dinas pemerintah menanyakan harga

sebuah safari berwarna kuning.

“Ini harganya seratus ribu!”, jawab lelaki penjaga konter itu.

“Sama deng pasar jo !”, kataku pada Alfrits Oroh yang lagi sibuk

mengambil gambar dengan handycam.

Aku meraih sebuah buku berjudul ”Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom

dan Pemberdayaan Masyarakat” dari meja di depanku. Aku jadi ingat kalau

tanggal 22 februari 1958 Manado dibom lantaran orang Minahasa mau

membangun daerah serta memberdayakan masyarakatnya.

Menteri pendidikan Bambang Sudibyo sedang memberikan ceramah, ketika

aku masuk ke grandball room. Ia mengatakan,” Pendidikan di Sulawesi

Utara lebih baik daripada di Jawa Barat.”

Pernyataannya didasarkan pada data statistik yang ditampilkan melalui

OHP.

“Ini adalah buah dari desentralisasi”, lanjutnya.

Para peserta serempak bertepuk tangan.

Aku mengamati data statistik itu melalui handycam. Urutan pertama D.I.

Yogyakarta, kedua, Jawa Timur, Ketiga, Sumatra Utara, Empat, Bali,

Lima, DKI Jakarta, Enam, Jawa Tengah, Tujuh, Sulawesi Utara, Delapan,

Sumatra Barat, Sembilan, Jambi, Sepuluh, Jawa Barat.

Ismail, seorang peserta dari salah satu LSM mengatakan padaku usai

kegiatan ini di sudut kantin Manus Fakultas Sastra Universitas Sam

Ratulangi, “Kalau sekedar mengukur kemajuan pendidikan di Sulawesi Utara

berdasarkan statistik, jelas terlalu kuantitatif sifatnya. Misalnya menilai

tingkat melek huruf di Sulawesi Utara sebagai hasil dari proses

desentralisasi. Ini tidak berdasar. Sudah sejak zaman Belanda Sulawesi Utara

maju tingkat pendidikannya. Jadi bisa dikatakan bahwa kesadaran akan

pendidikan telah ada dalam masyarakat sejak dulu jauh sebelum program

desentralisasi menjadi agenda para “reformis”.”

Aku mengangguk mengingat Barbara Sillars Harvey dalam bukunya

“PERMESTA : Pemberontakan Setengah Hati” menulis, “Pada tahun 1930 keresidenan

Manado mempunyai perbandingan tertinggi antara pelajar dan penduduk dan

angka melek huruf yang paling tinggi di Hindi Belanda.”

Bila dibuat perbandingan antara 1930 dan 2006, Sulawesi Utara justru

mengalami kemunduran yang sangat signifikan. Dari peringkat pertama

turun ke peringkat ke tujuh. Ini terjadi sepanjang 75 tahun terakhir.

Ironisnya kemunduran ini terjadi di era “Kemerdekaan” di bawah cengkraman

kuku garuda pancasila Negara Kesatuan Repoblik Indonesia.

Hari itu di pojok bus yang melaju ke Tomohon, aku dengar senandung

sendu Agnes Monica menyentuh keluku.

“Dimana letak sorga itu”

Aku menelan pilu dalam hati.

Sonder – Minahasa, 20 Mei 2OO6